25 July 2018

Berkat Eksplorasi Jadi Jago Masak Nasi

Ini ketiga kalinya abang pergi eksplorasi bareng Pramuka OASE. Tahun 2016, abang pergi ke daerah Lembang, lalu 2017 eksplorasi ke Pulau Harapan (kaka juga ikutan) dan... yak! kali ini pergi ke empat pulau di Kepulauan Seribu.

Si kaka mendadak gagal ikut, karena ada yang patah di bagian kakinya 3 minggu sebelum berangkat. Gak boleh napak, apalagi e.k.s.p.l.o.r.a.s.i *nangis di pojokan

biar sakit tapi tetep lincah

Seperti oase eksplorasi sebelumnya, untuk bisa ikutan, harus ada syarat dan ketentuan yang berlaku.. macam dapat doorprize mobil dari Telkomsel 😂 tak segampang ituuu..

Gak bisa hanya sekadar daftar, bayar, dan bisa berangkat. Ada pra syarat dan pasca syarat. Sadis gak tuh?! Gak sih, biasa aja 😜 Justru bisa melatih mereka gak cuma melakukan perjalanan, tapi bisa punya sesuatu yang dibawa saat perjalanan dan sesudahnya. Setiap anak dan orangtua yang ikut eksplorasi merasakan sensasi tugas yang berbobot dan deg-degan kalo melihat layar grup WA bagian atas "Kak Shanty is typing..."

Pra syarat berangkat itu salah satunya mengikuti pertemuan pramuka yang sudah dijalankan dari bulan Januari. Dannn.. pramuka tahun ini mamak jadi salah satu pembina. *kembali muda karena dipanggil kak Putri 💅

pembina apa tukang foto?

Setelah itu ada tugas jurnal yang harus dikerjakan. Untuk tahun ini ada tambahan syarat, yaitu harus latihan fisik, makan mentahan (buah/sayur) dan masak. Masaknya juga harus masak nasi dan lauk. Latihan ini dikasih waktu dari 2 bulan sebelum berangkat. Kenapa harus masak? soalnya kalo mereka gak bisa masak, ya gak makannn.
Jadi mau belajar masak atau mau gak makan? 😏 
Tapi semakin lama dikasih waktu latihan, semakin ditunda2 itu ya sama bocah.. apalagi yang masak memasak...

Akhirnya, si babeh ngajak kemping yang deket aja pas abis lebaran, dengan tujuan mereka langsung praktik. Praktik masak terutama. Babeh dan bunda leyeh2 siap ngunyah 😎😋 Dan ternyata, oke loh hasil masak nasinya.. besok paginya juga abang latihan bikin sarapan, dan dia bikin kentang goreng 

goreng sosis

masak nasi

menggoreng kentang

Hari berangkat eksplorasi makin dekat, regu sudah dibagi, tiap regu berjumlah 4 orang. Ada yang jadi ketua, wakil, urusan masak dan urusan zero waste. Abang sepertinya percaya diri bisa bertanggung jawab untuk makan teman2nya.. jadi dia memilih menjadi penanggungjawab masak.

"Aku nanti masak nasi, telor dan kentang goreng buat sarapan.. gampanglah bunda, aku udah bisa"

- kalo telor sih dia juwaraknya.. cuma nasi iniii.. dia biasanya cuma masak di magic jar kan.. kalo tanpa magic jar, baru beberapa kali...

mana yang berangkat anak laki lagi masa pertumbuhan semua.. kalo sampe nasinya keras kan kasian ..

Akhirnyaaa... emak rada maksa, minta dia kembali latihan masak nasi (modus sekalian lagi males masak 😜) untuk porsi 4 orang. Dannnn....  

berhasil 💙

Anak santay, Emak lebay
Keliatan deh, eksplorasi kali ini abang makin santay, termasuk urusan packing. Malah emaknya yang spaneng bin lebay minta kepastian dia bawaannya akan komplit apa gak. Berangkat senin, dari kamis udah disuruh packing cobak 😂😂 hufft..
Emang kudu belajar melepas sih yaaa.. namanya anak, suka takut aja gitu ada yang lupa, masalahnya kan perginya cukup lama, jadi kasian gitu kalo sampe ada yang ketinggalan. Belum lagi abang katanya akan bawa tenda dan wajib bawa boots.  

Sehari sebelum berangkat tiap anak diminta foto apa saja yang akan dibawa dan dikirim ke grup WA. Kalo ada bawaan yang kira2 meninggalkan sampah, diminta untuk ditinggal. 

bawaan abang, itu bajunya apel disuruh dilepas

Dannn... FYI, emak stenbey di sebelah abang saat dia masuk2in barang ke dalam carrier 😆😆. Sambil bawel : "kartu identitas udah bang?" "e-toll udah?" "anduk bawa brapa?" "kacamata renang?" "sunblock?" dan kebawelan2 lainnyaaa..

wahahaha... fix, bunda lebay  😂😂 MONMAAP NETIJEN
siap berangkat

Selain urusan packing, emak juga sempet lebay soal keberangkatan. Liat abang banyak bawa barang, nawarin untuk ikut sama Ratri karena dia dianterin naik mobil, dan langsung ditolak, "gak ah, aku naik kereta aja!" beklah bangg... trus akhirnya ngedesek babeh untuk nemenin sampe pelabuhan sebelum ngantor 😂

astaga, kok gini amat sik jadi orang puttt 🙈

Eksplorasi Dimulai
Senin - 16 Juli 2018
Hari yang ditunggu telah tiba. Eksplorasi 4 pulau di Kepulauan Seribu selama 5 hari. Sudah janjian sama rombongan stasiun Buaran (kak Shanty, Kaysan, Fattah). Rencana naik kereta yg jam 05.10, jadi maksimal jam 5 sudah di peron. Bunda udah pesen dari sebelum tidur, kita berangkat jam stengah lima kurang ya. bakalan solat subuh di jalan, kalo gak ~ gak akan keburu jam 5 udah di stasiun. Alhamdulillah semua bangun dan siap2 tepat waktu, bahkan Agla dan Anye semangat ikut nganter.

muka bantal jam 4.15

hello stasiun buaran
nunggu rombongan

Babeh anter sampe pelabuhan sunda kelapa, begitu sudah ketemu temen2 lainnya, babeh langsung cus ngantor... karena kapal baru berangkat jam 8, kesiangan ngantornya nanti.

have fun abang

Setelah kapal berangkat, kabar bisa didapat cuma dari kaka2 mentor di WA Grup. Mentornya yang berangkat 4 orang, ada kak Shanty, kak Lala, kak Opal dan kak Ali.  Dan penggalang yang berangkat ada 17 orang - 9 cewe, 8 cowo.

Tujuan pertama mereka adalah Pulau Untung Jawa,  disana menginap selama 2 malam, di wisma. Dua malam pertama ini mereka masih asik, bobo nyaman, makan juga ga mikir, ada yang masakkin.



Kegiatannya di siang hari mereka menyebrang ke Pulau Rambut untuk pengamatan dan membersihkan pantai.

Orangtua di grup WA selalu nunggu foto2 kegiatan dan jatah nelpon selama tiga ratus  menit ke anak di hari pertama dan ketiga. Tapi.. kenyataannya lebih pahit, jatah nelpon hari ini, semenit baru ngomong, abang minta udahan 😂😂😂  dia sudah lupa akan kakaknya emaknya

Hari eksplorasi berikutnya masih berjalan seperti biasa. Menunggu foto dan kabar. Gitu aja terus.
anak pulau - foto by kaysan

teripang

Rabu - 18 Juli 2018
Pagi ini para eksplorer pindah ke Pulau Pramuka, kemudian belanja keperluan makan, lalu lanjut menyebrang ke Pulau Karya untuk kemping selama 2 malam. Yak.. saatnya masak sendiriii.. ini dia yang dinanti2..

uuu.. keyeennn

Setelah dapat kiriman foto itu di pagi hari... sampe siang mentor2 belom juga ada yang kirim foto... ortu udah mulai resah.. sampe sore juga gak ada foto...

krikk..
krikk..

hingga jam 17:34, akhirnya foto mulai dikirim ke grup WA.

selain foto, ada juga laporan2 mentor :

"regu Alev beli ikan 6 potong, ditinggal main, digondol kucing tinggal 2"

"seharian angkut tas beraddd.. pindah pulau pula.. adik2 begitu lihat airnya jernih langsung mau nyemplung padahal blum masak dll"

"baru saja grup garam laut menginjak semua persediaan telurnya 😅"

"hari ini penuh drama"

"Ratri lupa bawa gas cadangan kak Seni"

"tadi mereka akhirnya merebus kerang2 yg mereka kumpulkan di pantai... enakk"

"grup yang kehilangan ikan, akhirnya makan ikan rendang"

"kalau anak perempuan masak sup jagung dan nasi liwet"

dan laporan yang paling menggembirakan adalah :


awww... 💛💛💛 my boyyy



kemudian bunda semangat menggunakan jatah nelpon malam ini.. tapi ternyata lagi2, cuma semenit lalu udahan... yodahlah.. jumat juga udah ketemu ya bang 😜

19 Juli 2018 - Kamis 
Hari terakhir di pulau sebelum besok balik ke rumah masing2. Mereka habiskan waktu hanya dengan leyeh2 sambil berenang di laguna pribadi


laporan mentor hari ini bikin bunda seneng..


proud mom 💓💓💓

Jumat - 20 Juli 2018
Abang sudah kembali ke rumah.. dannn... jeng2, gosong coyyy 😂😂

Gapapa yahh.. gosong bisa balik lagi, tapi pengalamannya luar biasa.. alhamdulillah.

Kini saatnya menyelesaikan pasca syarat eksplorasi. Yaitu logbook dan jurnal. Ceumunguuddd 👏👏

No comments:

Post a Comment