10 January 2016

Tanya harga sebelum order

Sore itu setelah latihan panahan, anak-anak bilang mau makan. Perut sudah minta diisi. Kebetulan ada yang jualan mi bangka.

"bu, mi-nya minta 3 yah. 2 yamin, 1 mi ayam biasa. gak pake seledri". 
"makan di sini?"
"iya bu"
"minumnya apa?"
"air mineral aja ada bu?'
"ada, sebentar saya ambilkan."

Lalu mata saya beralih ke pedagang gorengan yang ternyata jual tempe mendoan. Rasanya ngiler. Pengen beli banyak. Saya bertanya spontan "brapaan bu satunya?"  "2500"

Wah mahal juga ya, ucap saya dalam hati. Walopun ukuran mendoannya juga cukup besar, hehehe... Untung gak langsung bilang beli 5 hahaha

"Beli 2 deh bu." Kemudian kami beramai-ramai habiskan mendoan tersebut. 

Mi bangka datang. Kami pun lahap hingga habis tak tersisa. Antara enak dan laper beda tipis sih emang, haha..

Selesai makan, saya minta hitung ke si ibu penjual brapa semuanya.

"brapa semua bu?
"72 ribu"
wow, mahal juga ya.. sambil ngeluarin duit 100rb dari dompet kemudian ngasih ke si ibu. 

"ini kembaliannya ya"
"emang brapa bu harga mi-nya seporsi?"
"16 ribu"

Langsung saya itung. Beli 3 porsi brarti 48 ribu. air mineral 2 masa sih satunya 12 ribu.. hmm.. kayaknya salah itung nih... Coba tanya ah.

"bu, kayaknya salah itung deh.. tadi mi 3 porsi brarti kan 48 ribu. trus air mineral brapa yah satunya?"
"4000, berarti 2 8000 ya"
"48 + 8 jadi 56 ribu. Ada kelebihan 16 ribu ya bu.. tadi kan diitung 72ribu"
"oiya.. maaf ya mbak saya salah itung..." kemudian ngasih duit kelebihan milik saya.
"gapapa bu"

Memang penting ya nanya dulu berapa harga semangkok/seporsi/sebuah atau apapun istilahnya sebelum kita memesan. Kalo penjualnya curang, bisa saja dikasih harga mahal dan mau gak mau kita harus bayar karena sudah keburu order. 


No comments:

Post a Comment