30 March 2008

mencari pre school...

Umur anak kita udah meranjak ke 3 tahun, pastinya kita mulai berpikir untuk masukin dia ke sekolah. ngaku deh, pasti selama ini udah pernah nyoba2 trial dimana2. tumble tots, gymboree, or apa lah...seperti hal nya dirikyu...
semua juga pasti udah tahu, kalo biaya sekolah anak itu muahalnya bukan main. bayangin aja, para pakar keuangan nyuruh kita memprediksi inflasi biaya pendidikan 20% tiap tahunnya...jadi kalo tahun ini uang pangkal sekolah anak SD 5 juta, tahun depan udah 6 juta.
tapi ada juga loh biaya masuk pre-school udah 5 juta. dengan fasilitas INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL. bagus si bagus, tapi ya edan aja kalo saya milih pre school dengan harga segitu. apalagi yang mau masuk sekolah, anak umur 3 tahun, yang masih mood2an masuk sekolahnya. kadang semangat, kadang nggak.
mendingan untuk masukin anak yang usia 3 tahun, menurut saya sih, ini juga digabung dengan hasil konsultasi dengan psikolog, yang paling penting yang harus diperhatikan adalah :
1. jangan cari yang bilingual. ini untuk anak yang bahasa sehari2nya bahasa Indonesia ya..soalnya anak umur 3 tahun itu kan belum banyak juga ya kata-kata yang dia tahu, nah kalo tiba2 ditambah lagi dengan bahasa Inggris, jadinya dia malah bingung. kata psikolog juga, bahkan beberapa kasus menimbulkan autis kalo anaknya ga kuat.
kalo untuk Keiko, saya anggap ini bener juga. buat apa sih anak dicekokin bahasa Inggris yang terlalu banyak, gue berkaca aja dari jaman kakak2 ipar gue dulu, mereka sekarang jago2 buanget bahasa Inggrisnya, kalo ga percaya cek aja salah satunya tapi apa belajarnya dari umur 3 taun? i don't think so...
2. kebersihan kamar mandi..ya iyalah penting. kan umur 3 taun lagi masa2nya belajar pipis sendiri, jadi dia harus disediakan fasilitas ini. WAJIB! TANPA KOMPROMI!
3. selain bersih, ada juga staf yang khusus nemenin anak ketika dia mau pipis atau e'e...kalo buat saya sih, yang penting guru2nya mau nemenin...ga harus ada staf khusus...
4. lokasi sekolah. carilah sekolah yang dekat dengan rumah. supaya anak ga kecape'an di jalan. maksimal waktu perjalanan itu 30 menit untuk pre-school. untung Keiko sekolahnya deket banget. tinggal jalan kaki. bahkan kadang adeknya sampe nyusul sangking deketnya...
5. ajaran berbasis Islam. ini penting banget. karna kalo sekolah umum kadang suka ada kurikulum terselubung soal agama lain. ngeri ah...ga mau kompromi juga soal ini. harus sekolah Islam! dan Alhamdulillah, Keiko bersekolah di TK ISLAM AT TAQWA.
6. jadwal sekolahnya seminggu 3x...iyalah, kalo tiap hari masih blm kuat bo...kapan maennya??

Beruntung banget, Keiko udah nemuin kriteria sekolah sesuai dengan yang diatas. jadi ga perlu yang mahal, apalagi anak umur segitu yang penting sosialisasinya dulu. ntar pas masuk TK, coba cari kriteria lain, karna umur 4 tahun kemampuannya dan bakatnya udah semakin keliatan.

so, buat para ibu muda yang lagi mencari sekolah buat anaknya, mendingan ga usah mentingin gengsi atau apapun dalam memilih sekolah. yang penting pertimbangin 6 hal diatas dan anak suka dengan suasana sekolah itu.

ada cerita yang bener2 kejadian sama Keiko. jadi dulu dia pernah nyoba trial di sekolah mutu tinggi yang International Islamic School tadi. tapi dia sama sekali ga mau gabung dengan guru dan anak2nya...saya juga ga tau kenapa...masih tlalu kecil? rasanya ga juga. buktinya banyak temen sebayanya.
tapi bagitu Keiko trial di sekolahnya yang sekarang, dia langsung mau gabung dan masuk kelas pun mau. ga nangis sama sekali. saya juga takjub.
akhirnya saya tau, anak juga butuh kenyamanan, yang bisa dia rasain sendiri. apalagi dengan umurnya yang masih segitu. daripada dia trauma dengan sekolah dan kita udah terlanjur bayar mahal?



No comments:

Post a Comment