28 May 2008

memangkas pengeluaran

BBM naik, semua panik. jelas...semua harga jadi pada naik juga soalnya...
ini rincian kenaikan biaya rumah tangga saya :
* yang tadinya blanja bulanan di hypermarket maksimal 1,3 juta, sekarang jadi maksimal 1,7 juta. biaya ini udah termasuk susu, diapers, sabun, minyak, mi instan, deterjen dkk, frozen food, dan keperluan rumah tangga lainnya.
yaiyalah, semua barang bener2 pelan tapi pasti naeknya...itu bener2 kalo gak beli selaen yang dibutuhkan yaaa...kalo pengen beli yang laen, bisa jadi 2 juta...gilaaa

* blanja harian yang tadinya 50 ribu buat 2 hari (750 ribu sebulan), jadi 100 ribu buat 3 hari (1,1 juta sebulan).

* bensin buat mobil dan motor yang tadinya 500 ribu sebulan, jadi naek sekitar 800 ribu sampe 1 juta sebulan! tgantung pergi apa ga pas wik-en sama anak2

sebenernya yang naek itu aja...tapi dampaknya besaarrr sekaleee...

kenapa?

pertama. saya capek dan bosen hidup hemat! hahaha...capek bo ngirit2, pengen hidup yang bisa makan diluar kapan aja, mau beli ini-itu duit selalu masih ada di tabungan, mau selalu punya baju baru minimal sebulan sekali...ga mungkin ya? hehehe...
kedua. pengen nyisihin uang buat ke reksadana lebih banyak, supaya jadi kaya di masa depan, tapi apa daya?

alhasil, gara2 BBM naek, yang mesti dilakukan adalah : MEMANGKAS PENGELUARAN! yup, apalagi kalo bukan itu..secara biaya hidup naek, tapi gaji suami blm bertambah naek...hiks

ini ada cara yang kira2 bisa dicoba.

setahu saya, jenis pengeluaran itu ada 3 macam :
- pengeluaran wajib. pengeluaran jenis ini kalo kita sampe ga bayar, akan kena denda atau penalti. misalnya punya cicilan mobil, rumah dsb. dan alhamdulillah saya ga punya cicilan hutang! jadi ga punya pengeluaran wajib dong ya...hahaha...salah besar! tagihan telpon, listrik, dan kartu kredit citibank blm diitung...huhuhu...

- pengeluaran butuh. pengeluaran jenis ini misalnya belanja harian, beli beras, beli gas,

- pengeluaran ingin. kalo ini hampir sama dengan pengeluaran lifestyle. kalo kata LIGWINA, kalo kita ga ada pengeluaran ini, sebenernya hidup kita juga baek2 aja...kayak misalnya makan di luar, beli baju, ke indomaret, naek odong2...

nah,..dari 3 pengeluaran itu, yang harus dipangkas adalah pengeluaran ingin. jadi harusnya saya ngurangin pergi keluar pas babeh libur (bawaannya pengen jalan aja soalnya kalo babeh lagi dirumah). dengan tidak keluar rumah, maka yang bisa dihemat adalah biaya bensin, biaya makan diluar, dan pastinya biaya anak2 maen di Timezone! walah, kalo udah ke Timezone, bundanya juga ga bisa ngontrol pengeluaran...maklum, kita kan masih muda, masih konsumtif booo...

selaen itu, saya harus ngurangin online shopping...suka ga bisa nahan juga nii...apalagi kalo barangnya unik dan lucu...hihihi....

dan 1 lagi sebenernya...kurangin ikut arisan...saya agak nyesel juga bulan NOV kemaren ikut arisan yang 200 ribu dan saya ikut 2! huhuhu...bangkrut bo...mana masih lama banget lagi selesainya...

jadi, bisa ga ni memangkas pengeluaran? kayaknya saya masih susah...hahahhaa...

1 comment:

  1. ah gila pengeluaran serem bgt cet, munkin karena lom punya anak kl yee makanya msh hemat mampus gtu dibanding lo :P

    yg reksadana gw mo nyoba tp yg sariah, lom sempet nyoba2 soale klo mo invest mesti turun tangan sendiri, sedang gw kerja

    ReplyDelete