13 June 2008

nenen oh nenen...

Aglaya sudah hampir mau 2 tahun. tapi sampe sekarang dia masih nenen. dia lebih memilih nenen dibanding susu sapi. setiap mau tidur, dia juga harus nenen. dan di malam hari pun, dia tidak mau dikasi susu botol. maunya nenen.

sebenarnya saya ingin sekali berhenti menyusui dia. dengan alasan :

- katanya kalo anak sudah berhenti nenen, makannya akan lebih banyak. saya tidak tahu persis ini benar atau tidak. tapi memang, saat ini Aglaya agak susah makannya dibanding Keiko. dan kalo dilihat dari badannya, Aglaya memang kecil.
- sudah 2 tahun saya menyusui, jadi sebenernya sah-sah saja. toh, di Islam juga dianjurkan sampai 2 tahun saja. walopun kalo mau diteruskan tidak ada larangan juga.
- dengan berhenti menyusui, Aglaya tentunya tidak akan terlalu bergantung kepada saya lagi. misalnya saja, selama ini kalau naik mobil, saya tidak bisa nyetir lagi, karena Aglaya selalu mau nenen. atau, saya tidak bisa keluar kemana2 lagi kalau malam (walaupun mau pergi keluar sebentar sama suami), karena takut dia terbangun dan mencari saya untuk nenen.

tapi...

di sisi lain, saya merasa kasian sama dia. saya tidak tega membayangkan melihat dia menangis keras karna ingin nenen tapi tidak bisa...atau mungkin dia juga akirnya menolak susu sapi dan memilih untuk kelaparan...

miris hati saya membayangkan hal itu...

ga tau deh...saya dilema...

bingung...

No comments:

Post a Comment