02 April 2008

yg disiapin utk nyambut anak

Tadi pagi saya chat sama Risti, temen saya ketika di kampus dulu. setelah sapa2an, obrolan kita berlanjut ke rencana pernikahannya..secara dia mau nikah bulan MEI ini...
trus akhirnya dia nanya brapa budget yang diperlukan untuk punya anak..secara dia dan calon suaminya ga sepaham soal mau punya anak langsung ato ga.
kalo Risti pengennya langsung, sedangkan Erwin (calonnya) mau supaya mapan dan terencana sebelum ada bayi.
trus saya juga mendukung dia, karna menurut saya rejeki ga bakal kemana. apalagi mereka b2 kerja. saya aja, cuma Babeh yg kerja, buktinya cukup2 aja.

Anyway, sebenernya saya sih ga tau persisnya brapa ya budgetnya untuk punya anak, tapi karna Risti nanya,"6 jt sebulan cukup ga?", menurut saya sih sangat cukup. dia nanya tahapan2 jumlah uang yang diperlukan dari mulai bayi sampe 1 tahun keatas.
ini dia nih perincian yang diperlukan untuk menyambut bayi :

kalo menurut saya, agak banyak duit diperlukan itu menjelang kelahiran. apalagi anak pertama. biasanya kita blm punya psiapan apa-apa.
dari yang gede2 dulu ya...
* misalnya kita dari awal udah mau nyiapin kamar buat anak kita, jadi otomatis, kamar itu kan mesti kita rancang sesuai dengan bayi yaitu warna-warni. itu udah makan biaya kan. mulai dari tukang sampe bahan2 cat nya.

* dan didalamnya kita perlu ada box bayi, baby tafel, lemari. kalo emang ada pelasuran dari sodara atau temen, jauh lebih bagus. jadi bisa hemat lumayan banyak.

kalo pengalaman saya, box bayi aja harganya 4jt (itu yang desain sendiri), kepakenya cuma beberapa bulan. karna anak saya ga ada yang mau tidur sendirian di box. jadi sangat direkomendasikan ga usah beli box bayi, minjem aja. percaya deh, pasti ujung2nya anak kita akan tidur b3 sama kita di tempat tidur. karna buat ibunya juga ga ribet.
trus baby tafel itu saya dapet bekas, dan dipermak jadi bagus dan sekaligus ada lemarinya sekitar 500rb. dan emang ga usah beli juga, paling 3 bln udah ga kepake.

* abis itu perlu banget punya Stroller, Car Seat dan gendongan. apalagi buat ibu2 yang ga betah-an dirumah, kaya saya. kalo ada waktu luang dikit bawaannya pengen jalan, nah ini perlu banget! waktu Keiko umur 1 bln aja, udah dibawa ke Tamani, trus 2 bln diajak ke Bandung. pokoknya jalan2 mulu. dan 3 barang2 itu sangat membantu.
Nah, panduan untuk membeli Stroller, pilih yang tempat duduknya empuk, itu sih ada banyak merk ya...ada Baby Does, Pliko, ada juga yang jual sekalian dengan car seat. kalo punya saya itu yg 1 set dengan car seat. waktu itu beli di ITC, harganya sekitar 900rb an, merk nya COCO LATTE. lumayan lah, sampe sekarang masih oke, dipelasurin ke ponakan yang masih 1 thn. kalo Stroller sih, saya saranin beli sendiri aja ya, karna masih bisa dipake samape anak umur 2 tahunan kalo jalan2 ke mall atau mana. apalagi kalo ternyata punya adek lagi. malah, kalau ada budget lebih, skalian beli yg bagus, yang rodanya 3. wuih, itu keren banget! tapi juga mahal banget. ini tempat2 nya kalo mau liat Stroller :
1. istanabayi
2. ITC Cempaka Mas Blok G Lantai Dasar
3. Manggarai (Pasar Rumput)

* setelah punya itu, yang laen adalah perlengkapan bayi sehari2. kayak :
- bedong (min 2 lusin) apalagi kalo anaknya lahir di musim ujan
- popok (min 2 lusin)
- celana panjang bayi (1 lusin : tapi 1/2 lusinnya dengan
model seperti stoking atau tanpa lubang di bawah)
- celana pendek (1 lusin)
- baju tangan panjang (1 lusin)
- baju tangan pendek (1 lusin)
- baju tanpa lengan (1 lusin)
- kaos singlet (1 lusin)
- sarung tangan dan kaki (1/2 lusin)
- slaber
- sepatu
- kaos kaki
- topi
- perlak
- kelambu
- kapas 1 kg
- kain kasa
- matras kecil
- tas
- botol susu
- penyedot ASI yang electric (minta ke sodara sebagai hadiah)
- baby monitor (minta ke temen aja sebagai hadiah)
- bak mandi
- waslap
- perlengkapan mandi
- handuk (cari yang kualitas OK : Le Monde)
- selimut (cari yang kualitas OK : Le Monde)
- Myco-Z (salep untuk pantat bayi merah2)
- Diapers New Born
- Sisir
- Gunting kuku
- BH Menyusui
- Daster kancing depan
- Stagen
- Pembalut Pasca Melahirkan (kalau lahirannya normal)

semua barang diatas belinya di ITC aja. atau katanya orang2 si di Suzanna, Pondok Indah harganya jauh lebih murah. tapi saya juga blm pernah. untuk semua barang diatas, kira2 perlu 2 jt kali ya. tapi inget, jangan pernah beli bantal yang ada lobang di tengahnya (katanya bantal supaya ga peang, tapi kebanyakan anak malah peang). kayak anak2 saya aja, ga usah pake bantal. yg penting alas tidurnya empuk. buktinya palanya pada bagus2. hehehe...

selain itu, yang dibutuhin adalah kedisiplinan menabung dari orang tua untuk si anak tiap bulannya untuk kepentingan sekolah anak di masa mendatang. minimal nabung 500rb deh sebulan.sukur2 kalo lebih. kalo ga mau ribet ikut aja asuransi pendidikan. tapi kalo banyak budget dan waktu, coba pelajari aja macam2 jenis investasi yg bagus dan sesuai dengan kita. harusnya si ini emang dipelajari matang2, supaya ga menyesal pas kita udah butuh uangnya. masalahnya, sekarang biaya sekolah mahalnya minta ampunnn..apalagi kalo tinggal di Jakarta (untung saya masih di pinggir Jakarta, masih masuk akal bo harganya). ntar di lain kesempatan, saya kasih deh tips2 memilih jenis investasi.

jadi, buat teman2 yang ngerasa punya anak perlu sampe mapan, ya saya si ga setuju aja. rejeki mah ga kemana...buktinya ga segitu besarnya kan persiapan untuk menyambut anak...semoga cepet hamil ya Risti dan teman2ku yang lain yang akan menikah...don't worry...

oya, thx buat eny udah diingetin soal biaya melahirkan...
setau saya, biaya melahirkan itu akan jauh lebih ringan buat kita kalo salah satu diantara pasangan ada yang kerja (dan udah jadi pekerja tetap di kantornya). soalnya kantornya pasti ngebayarin biaya RS.
mmm, masalahnya kan jumlah biayanya juga dibatasi ya...misalnya kalo lahir normal, pas gue itu, kantor suami saya ngejatahin 7 juta..sedangkan paket2 di RS waktu itu rata2 diatas 7 juta (tapi ga banyak nambah si, paling 7,4juta atau 7,9juta). itu juga udah kelas yang sendiri di ruangan.
Nah, caranya supaya kita ga nambah biaya adalah : kan paket melahirkan normal di RS itu biasanya 3 hari menginap ya. jadi, kalo emang kondisi kita udah fit, udah bisa jalan, si baby juga ga ada masalah, mendingan kita minta pulang aja ke dokter kandungan dan dokter anak. jadi kalo kita cuma 2 hari di RS, maka akan menekan biaya. otomatis, kita ga perlu nambah biaya yang ada, karna masih kena jatah kantor.

kalo melahirkan secara caesar, saya kurang tahu persis biayanya berapa. tiap RS juga beda2 menetapkan berapa biayanya. ada juga yang menetapkan berdasarkan "siapa dokternya" (jadi kalo caesar dengan dokter A biayanya bisa beda kalo caesar dengan dokter B - setau saya di RS MITRA INTERNASIONAL JATINEGARA nerapin kaya gini dan ga tau lagi RS mana yang kaya gini). kalo ga salah si biaya caesar minimal 17 juta kalo yaaa...dan biasanya kantor ga nanggung semua biaya juga. paling cuma 10 juta. jadi sisanya emang harus dipersiapkan. makanya, yang udah merencanakan melahirkan secara caesar dari awal, disiapin juga ni biaya melahirkannya. apalagi kalo kita di ruangan VIP, busett, brapa tu yaaa...mungkin ada yang mau berbagi cerita di blog ini...karna saya ga pengalaman melahirkan caesar boo...dan kalo nanya2 ke orang yang melahirkan caesar, belom segitu detilnya...ntar deh ditanyain lagii..

2 comments:

  1. Bo, kok nggak ada rincian biaya melahirkan. Kira-kira kalau melahirkan normal berapa, caesar berapa ya?

    ReplyDelete
  2. biaya melahirkan sangat bervariasi tergantung sama kota bersangkutan, rumah sakit yang bersangkutan dan kamar yang digunakan untuk bersalin.
    sebagai gambaran saudara kami yang melahirkan di mojokerto (kamar VIP) untuk caesar saja kena 6jt
    kenalan kami yang melahirkan di surabaya (rs international) kena hampit 15jt untuk caesar saja dan pada akhir tahun 2006 ada kolega yang melahirkan caesar kena biaya sekitar 10jt (untuk caesar saja)
    harga ini terus bertambah dari tahun ke tahun

    semoga terbantu

    o, iya mampir ke blog kami ya
    http://e-kehamilan.blogspot.com

    terima kasih

    ReplyDelete