23 April 2008

melirik ke emas batangan

Kalo selama ini kita investasi ke reksadana, obligasi, deposito atau unitlink (plis, kalo punya yang satu ini ditutup aja d!), sekarang coba mulai investasiin duit dengan beli emas yuk! soalnya dengan punya emas ini sebenernya enak banget. bisa dibeli dimana-mana dan dijual dimana-mana pula. artinya, kalo suatu saat kita harus hidup di luar negeri, dan disana kita butuh uang, kita bisa jual emas yang kita punya disana. ya kan?

dan ga itu juga, dengan punya emas, kita adalah orang yang diuntungkan kalo suatu saat terjadi kacau balau (kayak tahun 98 waktu itu) di negara ataupun ada perang dunia yang mempengaruhi kondisi ekonomi. apalagi kalo nilai tukar rupiah terhadap dollar semakin turun, biasanya emas juga ikut2an jadi naek harganya. siapa tuh yang jadi kaya raya? yang punya dollar dan yang punya emas! hehehe...

untuk punya emas sebagai investasi ini sebenernya juga gampang banget caranya. yang harus diperhatiin adalah :
* harus emas batangan
* yang bersertifikat
* beli langsung di PT. ANEKA TAMBANG yang LOGAM MULIA di JL. PEMUDA, RAWAMANGUN.


pernah ada temen yang beli emas di toko emas gitu, namanya TOKO EMAS KALIEM di Melawai. toko itu emang terkenal banget siii...disana lengkap banget, dari emas perhiasan, emas batangan, emas koin untuk koleksi, semua juga ada. tapi setelah saya telpon, harga emas yang dijual diatas harga di ANTAM dan juga biaya ongkosnya mahal banget, semuanya dipatok 100 rb. tapi bisa nego sih katanya kalo belinya banyak. coba telpon aja kalo emang tertarik beli disana. ini telponnya : 021- 7260676

* kalo berniat beli di ANTAM, telpon dulu di 021-4757108 ext. 145 atau 146 untuk ngecek harga di hari itu dan ada emas yang ukuran berapa aja. kalo misalnya ukuran yang kita mau lagi gak ada, kita bisa pesen kok mau ukuran yang brapa.
* emas batangan ini juga ada ongkos cetaknya (seperti yang saya bilang diatas). dan yang saya tahu biayanya untuk emas dengan berat :
# 1 - 3 gram = 26 ribu
# 5 gram = 31 ribu
# 10 gram = 41 ribu
# kalo ga salah, kalo beli yang 100 gram keatas ga dikenain ongkos cetak (ini berlaku juga di TOKO EMAS KALIEM)


* dan menurut perhitungan saya, belilah emas dengan berat minimal 10 gram.
misalnya dengan harga emas per gram nya 276 ribu dan kita hanya beli 1 gram, maka harga beli kita untuk 1 gram emas adalah 276rb + 26 rb = 302 rb. belum biaya materai.
berarti biaya ongkos cetaknya mencapai 10%! wow...gede banget...
kalo kita beli yang 5 gram, brarti 1,380,000 + 31 rb = 1,411,000. plus biaya materai. berarti biaya ongkos cetak kurang lebih 2,25% dari harga beli..masih lebih rendah dari biaya pembelian beberapa reksadana saham.
nah, kalo beli yang 10 gram, brarti 2,760,000 + 41 rb = 2,801,000. plus biaya materai. dan artinya biaya ongkos cetak cuma 1% lebih dikit. ga rugi2 banget kannn??

* oya, ada saran juga dari temen, kalo ke kantor ANTAM, jangan menjelang makan siang, katanya nunggunya jadi lama bangettt...mending pagi2 deh kalo mau kesana. niatin dari awal bahwa hari itu adalah hari membeli emas di ANTAM.

* terakhir, kalo bisa dirutinin ni beli emas. jadi kalo jatah menabung adalah 30% dari pendapatan, paling ga, 10%nya disisihin buat beli emas. kalo ternyata 10% nya belum mencukupi untuk beli emas dengan berat 10 gram, disimpen aja dulu, jadi beli emasnya 2 atau 3 bulan sekali. jadi hemat ongkos juga, apalagi kalo rumahnya jauh dari daerah Rawamangun.

jadi, selamat menimbun emas batangan yaaa...hehehe...

25 comments:

  1. Jadi udah beli berapa biji emas batangan Put. Udah bisa buat beli helikopter ya emasnya, ;D

    ReplyDelete
  2. hati-hati, emas sekarang banyak dipengaruhi oleh spekulan seperti juga minyak dunia. Tapi kalo mau beli emas di antam, nitip ya...hehehe

    ReplyDelete
  3. hai,mba.. salam kenal , thanks utk info emasnya.berguna banget, nih.btw mo nanya emang kenapa dengan unitlink? bukannya itu bisa berinvestasi sekaligus berasuransi? bisa dijelaskan? thanks b4..

    ReplyDelete
  4. thanks infonya ya mba..sangat bermanfaat tuh. btw ada apa dengan unitlink? bukankah dengan unitlink kita bisa sekalian investasi dan asuransi? at least lebih nguntungin dibanding asuransi tradisional? mohon penjelasannya.thx b4 en sukses selalu! blog yg bagus

    ReplyDelete
  5. kalo asuransi digabung dengan investasi, biaya preminya besar dan hasilnya tidak maksimal. asuransi yg didapat tidak maksimal, begitupula dengan investasinya. dan juga di unit link banyak biaya2 yang mesti kita bayarkan.
    kalo mau beli asuransi, belilah yg kita perlukan saja. misalnya as. jiwa atau as. kesehatan saja secara tpisah.
    kalo mau investasi, juga investasi langsung saja, misalnya langsung beli reksadana.
    percaya deh, preminya jauh lebih murah dan hasilnya jauh lebih oke...
    gudlak ya mba...

    ReplyDelete
  6. nyimpennya di mana yg baik?

    ReplyDelete
  7. saya lagi cari alamat antam yang disurabaya, ada nggak ya?

    ReplyDelete
  8. harga mas bikin sport jantung

    ReplyDelete
  9. iya mp tanya nih yang murah aman nimpennya dimana ya...?

    ReplyDelete
  10. basanya dijual dalam bentuk apaan sich, maksudnya yang 1-3gr itu dalam bentuk koin apa bola-bola :P Trus yang batangan itu dalam untuk yang berapa gram.

    ReplyDelete
  11. thanks atas informasinya yang bermanfaat ini...Mudah2an bis kesampaian inventasi di emas batangan...hhehehe

    ReplyDelete
  12. kalau saya jauh dar Jakarta, ada di Lombok, bgm caranya beli emas batangan ?

    ReplyDelete
  13. Saya ada info bwt tmn2 yang berminat investasi emas dengan budget yang belum besar, bisa dengan beberapa trik yang ada di http://www.kebunemas.com/?id=fiatrevo. Mungkin bisa dicoba..

    ReplyDelete
  14. Sekedar bagi2 info ternyata ada cara supaya emas yang kita simpan produktif. Slama ini orang2 mengira emas yang disimpan tidak mungkin bisa menghasilkan uang kecuali kalo dijual. Misalnya saat ini anda punya 100gr emas dengan harga saat ini Rp 33jt, kalau tahun depan harga emas naik 30%, anda tetap saja cuma punya 100gr emas tanpa keuntungan, dan akan menjadi untung kalo emas itu dijual misalnya jadi 40 jt, brarti anda dapet 7jt btk uang, tapi emas anda yg 100gr sdh hilang, dan utk beli lagi??hrganya dah naik. Nah, ternyata ada cara supaya emas 100 gr itu menghasilkan uang tanpa menyebabkan emas itu hilang. Artinya ketika 1thn, anda mendapatkan keuntungan sejumlah rupiah, tetapi emas 100gr itu tetap jadi investasi sampai suatu saat mendesak.Gimana caranya?? kunjungi http://www.kebunemas.com/?id=fiatrevo

    ReplyDelete
  15. Sekedar bagi2 info ternyata ada cara supaya emas yang kita simpan produktif. Slama ini orang2 mengira emas yang disimpan tidak mungkin bisa menghasilkan uang kecuali kalo dijual. Misalnya saat ini anda punya 100gr emas dengan harga saat ini Rp 33jt, kalau tahun depan harga emas naik 30%, anda tetap saja cuma punya 100gr emas tanpa keuntungan, dan akan menjadi untung kalo emas itu dijual misalnya jadi 40 jt, brarti anda dapet 7jt btk uang, tapi emas anda yg 100gr sdh hilang, dan utk beli lagi??hrganya dah naik. Nah, ternyata ada cara supaya emas 100 gr itu menghasilkan uang tanpa menyebabkan emas itu hilang. Artinya ketika 1thn, anda mendapatkan keuntungan sejumlah rupiah, tetapi emas 100gr itu tetap jadi investasi sampai suatu saat mendesak.Gimana caranya?? kunjungi http://www.kebunemas.com/?id=fiatrevo

    ReplyDelete
  16. Sekedar bagi2 info ternyata ada cara supaya emas yang kita simpan produktif. Slama ini orang2 mengira emas yang disimpan tidak mungkin bisa menghasilkan uang kecuali kalo dijual. Misalnya saat ini anda punya 100gr emas dengan harga saat ini Rp 33jt, kalau tahun depan harga emas naik 30%, anda tetap saja cuma punya 100gr emas tanpa keuntungan, dan akan menjadi untung kalo emas itu dijual misalnya jadi 40 jt, brarti anda dapet 7jt btk uang, tapi emas anda yg 100gr sdh hilang, dan utk beli lagi??hrganya dah naik. Nah, ternyata ada cara supaya emas 100 gr itu menghasilkan uang tanpa menyebabkan emas itu hilang. Artinya ketika 1thn, anda mendapatkan keuntungan sejumlah rupiah, tetapi emas 100gr itu tetap jadi investasi sampai suatu saat mendesak.Gimana caranya?? kunjungi http://www.kebunemas.com/?id=fiatrevo

    ReplyDelete
  17. cara mudah investasi emas batangan http://www.kebunemas.com/?id=fiatrevo

    ReplyDelete
  18. mba salam kenal, info dong berapa paling kecil ukuran yang bisa bile

    ReplyDelete
  19. Thank's banget infonya.....do'ain bisa beli emas......

    ReplyDelete
  20. Untuk yang berminat investasi di Logam Mulia Emas (Koin / Batangan)
    baca tips dan kiat-kiat nya di blog k-4-s.info : Tips Belanja Emas Koin / Batangan
    Semoga bermanfaat.
    mohon masukannya juga jika ada yang kurang pas.

    ReplyDelete
  21. thanx buat infonya, kl beli disurabaya beli emas dimana yach..tq.

    ReplyDelete
  22. mau numpang tanya... saya lagi mau mencoba inves emas batang, kalau beli emasnya dari situs2 jualan emas online gitu apakah sama? dan apakah aman ya? dan yg antam apakah hanya di rawamangun atau kantor antam yg di tb.simatupang jg bs ya? mohon penjelasannya terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  23. maaf ni kalo menurut saya investasi emas jangka panjang itu gunanya untuk melindungi asset bukan meraih untung...cos guna emas adalah melindungi dari inflasi, gitu kira2 penjelasan ane..daripada nyimpen dalam bentuk uang kertas yg cenderung menyusut nilainya.....

    ReplyDelete
  24. saya lagi iseng2 cari info ttg asuransi, eh,, nyasar ke blog ini.. thx ya, mba..
    oiya, tambahan info, bagi yg jauh dr ANTAM, ada alternatif lain yaitu beli di Pegadaian. saat ini marginnya 3% dr harga emasnya. bayarnya bisa cash atau cicil. kalo cash barang langsung dapet, kalo cicil barangnya indent. keunggulannya klo beli di pegadaian ga perlu ngantri lama kayak di antam, hehe.. semoga membantu.. :)

    ReplyDelete