09 July 2008

hasil Fingerprint Test anak2

Sebelum ceritain hasil Fingerprint Test (FPT) anak2, saya mau jelasin dulu proses awalnya yaa..

Rencana saya yang di postingan ini bener2 terlaksana. Hari Sabtu, tgl 21 Juni, akirnya saya jadi bawa anak2 ke PT. Duta Pelita Insani di gedung Graha Mampang Lt. 5. Saya datang jam 9 pagi.

Sampe disana, kami langsung diarahkan untuk masuk ke ruangan untuk kapasitas 4 orang dewasa. Lalu alat2 untuk FPT disiapkan yaitu alat untuk rekam sidik jari (persis kalo kita mau bikin SIM) dan alat ini disambungkan ke Laptop.

Tahapannya, pertama, anak kita difoto di Laptop itu, trus dimasukkin data anak. trus telapak tangan anak ditandai di 3 titik dengan spidol. kemudian baru deh masing2 sidik jari anak direkam semua. per anak kira2 15 menit deh paling lama. setelah itu pulang deh. saya tinggal menunggu hasil FPT nya, mereka bilang 5-10 hari kerja akan selesai kemudian atur jadwal untuk ketemu dengan psikolog anak.







Mulai dari tanggal 1 Juli, saya sudah dikonfirmasi oleh pihak DPI untuk jadual penjelasan hasil FPT. saya dapat tgl 9 Juli. untungnya jadual Babeh hr itu masuk malam, jadi bisa dateng dehh...

Nah, sekarang masuk deh ke hasilnya...Jadiii...hasil FPT itu ga hanya mengetahui multiple intelligence (MI) nya anak aja, tapi juga bisa mengetahui TNGF (total nerve growth factor), termasuk Left Brain atau Right Brain, kemampuan motorik tangan anak, metode belajar anak, karakter serta jenis pekerjaan untuk mereka nantinya dilihat dari bakat (MI) yang dominan dari mereka.

Untuk Keiko :
- TNGF nya Keiko itu 67 dari nilai rata2 60 - 120. jadi memang agak rendah. tetapi nilainya ada tambahan 67 + 2x. dan kata psikolognya kalo 2x itu menandakan dia mempunyai memori yang kuat sekali, sehingga dia meneyerap segala sesuatu info yang datang ke dia dengan sangat cepat, tetapi sisi negatif dari hal ini, info yang buruk pun juga akan dia serap. sehingga...lingkungan akan sangat mempengaruhi dia, ketika lingkungannya baik, dia akan menjadi anak yang baik, dan sebaliknya.

- Keiko termasuk anak Left Brain alias memandang sesuatu secara rasional, berdasarkan logika.

- Kalo untuk kemampuan motorik tangannya, tangan kiri Keiko lebih bagus dibanding tangan kanannya untuk melakukan sesuatu.

- Metode belajar yang Keiko punya adalah Auditory. alias kemampuan mendengarnya sangat tinggi. bahkan nilainya sangat ekstrem dari metode visual dan menyentuh. jadi kata psikolog nya, Keiko itu sangat cocok untuk masuk di sekolah konvensional yang sistem belajarnya satu arah. bahkan dia sangat ga suka dengan sistem belajar yang langsung praktek! (hehehe...alhamdulillah, ga keluar duit banyak2 buat masuk di sekolah yang model active-learning, hihihi)

- Karakternya Keiko itu kuat banget dalam hal meniru. apapun yang dia lihat dan dengar, akan dia tiru. bahkan cenderung jadi labil, copy cat, dan negatifnya bisa dianggap tidak punya prinsip. dan dia bukan tipe pemberontak kayak Bunda dan Babehnya. jadi kalo dalam keadaan tertekan, dia justru akan menurut dengan keadaan. karna itu, dia harus benar2 berada di lingkungan yang baik, supaya dia tidak terbawa arus buruk, mengingat dia selalu meniru.

- dan untuk MI nya, Keiko punya 3 kecerdasan yang dia miliki. yang paling tinggi adalah kecerdasan Verbal-Linguistik. kemudian Interpersonal, dan kecerdasan musik.
kalo melihat dari kecerdasan yang dia punya, pekerjaan yang kira2 cocok buat dia nantinya antara lain ahli bahasa, presenter, penyanyi, politikus, pengacara, dan beberapa profesi lainnya. tapi itu hanya melihat dari bakatnya saja, belum mempertimbangkan minat dari Keiko.

Untuk Aglaya :

- TNGF nya cukup jauh dari Keiko, yaitu 112. tapi Agla tidak ada tambahan 2 x. jadi memorinya tidak sekuat Keiko.

- Aglaya juga termasuk anak Left Brain.

- Kemampuan motorik tangan Agla jauh lebih bagus dibanding Keiko. Jika Keiko lebih bagus di tangan kirinya, maka Aglaya bagus di kedua tangannya.

- Metode belajar Aglaya seimbang antara visual dan auditory. dan lemah juga di tipe touch. jadi Keiko dan Aglaya sama2 cocok sekolah di sekolah konvensional. Alhamdulillah...

- Karakter Agla termasuk social norm. dan cenderung moody. jadi kalo dalam keadaan tertekan, dia akan melihat keadaan, kadang bisa berontak, kadang juga bisa nurut dengan keadaan.

- Nah, kalo dari MI nya, Aglaya punya 5 dari 8 kecerdasan yang ada. 3 urutan teratas, sama persis dengan Keiko. dan urutan ke 4 nya natural kemudian Logika-Matematika.

- dan untuk pekerjaan juga hampir sama dengan jenis pekerjaan untuk Keiko.

Dengan melihat hasil dari FPT ini, saya akan jadi lebih mudah untuk mengarahkan anak2 ke hal yang sudah mereka miliki. saya tinggal melihat, apakah mereka punya minat dalam bakat yang mereka punya.

Dan psikolog anak itu ngasi info, bahwa semua hal ini terbentuk sebelum anak berusia 21 minggu. jadi memang benar bahwa kehamilan semester pertama benar2 penting dan harus dijaga. dari segi makanan, emosi, dan juga obat2an yang diminum.


7 comments:

  1. Dear ibunya Keiko dan Aglaya

    Trims banget atas sharing ceritanya.

    Saya juga sudah coba test anak saya juga minggu yal. Dari hasilnya, Anak saya TNGF nya seperti Keiko, ada unsur X nya yaitu 55 + 8X, saya sempat diinfo jika daya serap belajar nya akan sangat cepat dan tinggi sekali.

    MI nya juga hampir sama dengan Keiko. Anak saya menonjol di Interpersonal, terus ke Intrapersonal baru ke Bahasa, dan dominan di kiri. ATD nya utk left hand 32 kalo right hand 33... mana yg lebih bagus ya?

    Saya belum konsultasi langsung ke Psikolog nya.
    rencana tanggal 19 Juli nanti di surabaya.

    Kebetulan sekali anak kita seumuran juga, Nicho September ini usia 3 tahun.

    Kalau sdh konsul.. coba saya update ke ibu lagi mengenai hasilnya..

    Salam,
    Ibu Nicho

    ReplyDelete
  2. Dear ibunya Keiko dan Agla,

    oiya satu lagi bu..
    saya boleh minta alamat email ibu
    so kita bisa sharing lebih rinci sputar anak kita..
    terus terang..Nicho ini agak nyentrik.. dibanding anak seumurnnya... makanya saya ikutkan fingertest print ini spy ngerti inner needs nya

    Salam Kenal,
    Ibu Nicho

    ReplyDelete
  3. Ibunya Nicho,..salam kenal ya
    alamat email ku : phoe3id@yahoo.com
    kalo yg ATD nya Nicho itu 2-2 nya bagus, karna 2-2nya dibawah 38. semakin kecil semakin bagus katanya.
    kok bisa ya udah dikasi hasilnya, tapi ga langsung dijelasin..tes nya di DPI jg ga?

    ReplyDelete
  4. Hello Mbak Putri,

    Salam kenal...

    Aku juga barusan FTP. Terus sekilas dikasih komentar sama mbak Rika mengenai sidik jari Dhisa yang baru aja. Kalo anakku mudah bergaul, gampang diatur tapi tidak fokus. Nah... bagian yang tidak fokus ini sama kayak papanya. Papanya juga ngakuin bahwa dari dulu emang dia kalo ngerjain apa apa gak fokus.

    Aku baru tau hasilnya minggu depan. Mbak, sekalian minta ijin, aku add di blog ku ya. :)

    Sari
    Dhisa & Dhimas's mom

    ReplyDelete
  5. Halo, Ibu-ibu , salam kenal
    saya baru saja kemaren sabtu 30-aug bawa anak saya berikut dgn keponakan , total ber-4 pergi ke DPI .. tapi alat-nya rusak pada wkt meng-scan anak yg ke-4 sementara di luar sudah menunggu beberapa anak lagi ... jadi akan di jadwal ulang kembali.
    mbak putri, saya mau tanya ... apakah hsl survey anak mbak mewakili dr kecenderungan minat anak mbak putri atau tidak, karena saya menjadi ragu untuk meneruskan FPT ini setelah membaca komentar ADI D. ADINUGROHO MA, Ph. D email yg begitu pedes-nya ... sepertinya Pak Adi ini berbicara bahwa kita sudah kena tipu .. tidak ada satupun yg bisa membaca bakat seseorang dr garis tangan . Anak2 kami sudah berumur 13-tahun . mohon bantuannya dari mbak putri yg sudah menjalanin FPT ini untuk anak mbak , apakah sangat berguna ato lebih baik tidak udah diteruskan lagi .
    mohon di komentari .tks / imakulata

    ReplyDelete
  6. hi bu Put...
    FPT nya bisa berlaku buat orang dewasa yg ga pernah ngerasa dewasa gak? heheheh

    info bagus ni put.. sering2 ya.. biar ntar pas giliran gw, udh punya bekel dari elu ;)

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum ibu-2/Jeng sekalian

    Aku mom-nya Safiya umur 2,5 tahun. Udah lama banget pengen ngikutin anakku ikut test sidik jari, sayang rumahku jauh dari jakarta.

    Denger2 PT DPI bisa kolektif di JOGJA, SOLO ato SEMARANG, ada yg tau infonya ga ya??
    Gimana caranya ya?

    hmmm....omong-2 soal karakter, aku udah baca buku Personality Plus 3x kalee, jadi udah nyaris hapal type2 sifat & spontan m-analisa kalo ketemu orang baru (hehe...bad habit ato good habit nih). Jadi kalo Safiya udah ikutan FT, aku jadi pengen tahu sinkronisasi itu buku ma hasil testnya.....kaya apa ya??!!?

    ReplyDelete