10 March 2014

5 hari menyapih Anye


Anye sudah tidak nenen lagi. Anye sudah berhasil disapih dalam waktu 5 hari. Alhamdulillah saya berhasil menyapih dengan cinta (weaning with love) sejak tanggal 7 Maret, sehari sebelum Anye berumur 2 tahun 3 bulan. Alhamdulillahhh

Saya menyapihnya mulai hari Senin tanggal 3 Maret. Sejak seminggu sebelumnya, saya sudah bilang ke Anye dan semua orang rumah bahwa minggu ini adalah minggu terakhir Anye untuk nenen. Sejak saat itu, disetiap saya menyusui, saya selalu bilang ke Anye : "anye nenennya sampe hari minggu besok aja ya.. Anye kan udah gede.. Yg nenen itu cuma adek bayi. Nanti kita perpisahan ya nenennya.." - dan reaksi dia selalu 'menggeleng' tanda tidak mau berhenti. Saya juga selalu berdoa sejak sebulan sebelumnya untuk minta dimudahkan dalam menyapih Anye. 

Sebenarnya saat itu dalam hati saya pun masih ragu2, apakah saya benar bisa rela dan kuat untuk menyapih Anye. Saya akan merindukan ekspresi bahagianya saat nenen. Terkadang dia hanya sekadar untuk melepaskan rasa hausnya setelah bermain. Atau setelah saya tinggal pergi beberapa jam, dia pasti minta nenen. Dan yang paling pasti adalah nenen sebagai pengantar sebelum tidur dan membuat tertidur kembali saat terbangun ngigo di tengah malam. Memikirkan semua itu gak sadar tiba2 air mata saya menetes. Sedihhh hiksss..

Tapi di sisi lain, dengan selalu nenen, ruang gerak saya jadi terbatas jika dia terus nenen. Kalau lagi pergi, dia suka tidak peduli situasi ramai dan tetap minta nenen - dan marah kalo gak dikasi. 😓Saya juga ingin Anye perlahan mulai sekamar dengan kaka Agla. 

Maka dari itu, saya sudah bertekad bulat bahwa pada hari Minggu tanggal 2 Maret 2014 menjadi hari terakhir untuk menyusui Anye. Jadi saya masih menyusui saat Anye bobo malam. Mulai jam 12.00 teng tanggal 3 Maret, ketika Anye terbangun nangis mencari saya untuk menyusu, saya sudah tidak memberikan lagi. Sehingga dia harus ditidurkan kembali tanpa menyusu. Malam itu dia terbangun 3 kali, dan dia harus digendong untuk bisa tidur lagi. Hari pertama terbilang lancar, karena Anye nangisnya tidak sampe ngamuk ga berenti2. Mungkin karena dia sudah tau memang ini sudah saatnya berhenti.

Saat tidur siang di tanggal 3, dia sempat minta nyusu, tapi saya tidak kasih. Akhirnya dia tertidur lagi2 digendong. Tidur malamnya sudah makin gampang, dia tertidur sendiri, tanpa digendong.
Proses terbangun di malam hari untuk mencari nenen berjalan sekitar 4 malam dengan frekuensi bangun sekitar 2-3 kali bangun. Saat terbangun menangis, saya tidak mengganti menyusui dengan susu botol. Pilihannya adalah saya gendong atau kadang saya tawarkan dia minum susu. Anye memang cuma minum susu UHT putih atau coklat. Tapi sekarang lagi senang susu putih. Kalo dia mau susu, saya ajak dia ke kulkas, tuang susu ke gelas, dia minum sampe puas, kemudian saya tidurkan lagi ke kasur. 

Di malam ke 5, secara mengejutkan, Anye tertidur sampe pagi tanpa terbangun. Teman saya, Sysy, pernah bilang, nanti dia akan nyenyak tidur dari malam sampe pagi.. Itu tandanya sudah berhasil menyapih. Alhamdulillah! 

Jadi buat yang mau coba menyapih dengan cinta, menurut saya yang harus disiapin adalah :
- si ibu. Diri kita harus yang paling siap. Kalo kata temen saya Sysy, yang harus lo tanamin di diri lo, walopun udah ga nyusu lagi, dia ga akan kemana2, cuma bedanya lebih mandiri aja. Ini juga untuk kebaikan si anak. Lebih pede, lebih mandiri. 
- si anak. Anaknya mulai dikasitau dr seminggu sebelumnya. Anak 2 tahun ud ngerti kok kita ngomong apa. Saat masih nenen, kasitau terus kapan dia ga akan dikasih lagi. Kenapa dia harus stop nenen.
- orang rumah. Lingkungan harus mendukung. Terutama suami. Jadi suami juga harus siap gantian dengan kita kalau lagi ngantuk banget menghadapi anak yang nangis2 gak mau tidur lagi. Kalau siang hari si anak mulai inget dengan nenen, coba kita ajak main, jika tetap ingat, minta tolong ke mbak di rumah ajak si anak main di luar (pokoknya kita menjauh dulu dari anak.
- teman curhat. Jika diperlukan, minta dukungan ke temen yg udah ngalamin, jadi bisa berbagi plus nguatin hati yg galau ngadepin anak tantrum. Kalau gak, curhat ke Path atau Fesbuk. Hehe
- konsisten. Kita harus kuat untuk bertahan ga ngasih meskipun anak ngamuk banget.
- jangan biasakan anak tidur harus digendong. Jika dia blm mau tidur, biarkan saja, nanti jadi kebiasaan baru yang merepotkan lagi. 

Gudlak ibu2! Sekarang saya bahagia sudah bebas dari menyusui. Saya pasti akan merindukan masa2 itu, tapi Inshaallah ini yang terakhir. Karena bertekad bahwa Anye adalah anak terakhir kami. 😊

No comments:

Post a Comment