28 April 2012

aha! ilmu persiapan mpasi perdana

Setelah mempelajari dengan seksama soal mpasi, jadi akhirnya saya mulai paham nih. Ini emang anak ketiga yah, tapi anggap aja saya ibu baru dan baru belajar ngasih makan anak. Hehehe..

Jadi,..Ilmu yang saya pelajari soal mpasi adalah :

- mpasi itu dimulai 1 hari setelah anak berumur 6 bulan. Jadi karena Anye lahir tanggal 8 Desember 2011, nanti akan mulai mpasi tanggal 9 Juni 2012. tapi biasanya orang tua banyak yang memulai saat weekend. jadi misalnya tgl 9 Juni itu hari senin, maka sah2 saja orangtua ngasih makan pas hari sabtu atau minggu sebelum tgl 9 Juni.

- karena namanya makanan pendamping, jadi kebutuhan asi tetap yang paling utama, yaitu 80-90%.

- mpasi itu intinya hanya mengenalkan anak rasa. Jadi, semua terserah ibunya mau mengenalkan apa dulu. Ada banyak aliran (tapi gak ada yang aliran sesat #eaaa). Ada yang buah dulu, ada yang serelia. Tapi kayaknya jarang yang ngasih mpasi perdana itu pake sayuran.

Kalo anak yang berat badannya kurang katanya biasa diarahkan sama dokter anak untuk memperkenalkan serelia dulu, jadi untuk memicu agar beratnya cepat naik. Tapi tidak selalu seperti itu sih. Kalo saya? Saya kayaknya mau buah-buahan dulu, sesuai dengan saran dari teman kesayangan saya, si mamih Icha. Kenapa buah? karena buah rasanya manis. Konon katanya, asi itu rasanya manis, jadi kalo dikasi buah, rasanya gak akan jauh beda, sehingga anak tidak terlalu drama dalam makan nanti.

- buahnya apa aja yang bisa dikasih? kalo saya rencananya akan ngasih buah pear, alpukat, apel, pepaya, melon.

- lalu setelah buah, kasih sayur atau serelia? gak, setelah buah saya akan kasih jenis umbi-umbian. seperti ubi, kentang, labu. setelah itu baru sayuran. kalo mau ngasih sayuran, pilih yang organik.

- trus teksturnya gimana? kalo untuk pertama kali itu berupa air. air pear, air alpukat, air apel dikasih sekitar 1-2 minggu. kemudian teksturnya bisa ditingkatkan menjadi sedikit kental (dilihat kondisi anak). Dan semakin besar, teksturnya akan semakin kasar.

- lalu, gimana bikinnya? caranya adalah : buah, dikupas, dipotong dadu, kemudian dikukus sekitar 10-15 menit. pastikan buah sudah empuk. kemudian buah diblender/dibejek-bejek (intinya dihaluskan - jadi bisa pakai alat apapun yg fungsinya menghaluskan). setelah itu disaring sehingga akan didapatkan air dari buahnya saja. Katanya, air dari buah itu akan jadi banyak. Dan air itu akan dipakai untuk 3 kali makan. Jadi sisa air buah yang belum dimakan, disimpan di wadah yang kedap udara, kemudian simpan di kulkas. Air buah yang akan segera dikasih ke bayi, dicampur dulu dengan asip (jadi jangan lupa, dicampur asip nya kalau sudah mau dikasih ke bayi yah, supaya fresh). Dan air buah siap untuk diberikan ke bayi.

- jam berapa aja ngasihnya? kalo saya pribadi sih akan coba kasih sehari 3x. Pagi, siang, sore. Tiap ngasih porsi nya juga gak terlalu banyak. Beda lagi kalo bayinya doyan makan, hehehe. jadi rencananya, akan dikasih jam 9, jam 1 dan jam 5. Jika saat jam makan anak nolak, gak usah dipaksa. coba aja lagi sejam kemudian. Dan kalau bisa, jangan dikasi ASI dulu sebelum makan, kondisikan bayi lapar.

- kalo saya sendiri rencananya tiap hari akan ganti menu buah. jadi untuk buah saya mungkin gak akan ikut aturan yang dikasih 4 hari berturut-turut, misalnya :
* hari pertama : pear kukus + asip
* hari kedua : pepaya kukus + asip (kenapa pepaya tetap dikukus? karena takut aja masih ada getah yang nempel d buah, jaga2 takut si bayi sakit perut)
* hari ketiga : apel kukus + asip
* hari keempat : alpukat mentega + asip
* hari kelima : melon kukus + asip
* hari keenam : pisang + asip
* dst, dst..

- tapi mungkin untuk menu selain buah, akan saya coba minimal 2 hari, untuk mengetahui si bayi alergi atau tidak.

- jangan lupa, mulai usia 6 bulan ini, bayi sudah bisa diperkenalkan air putih. jadi sah2 saja makan sambil sedikit2 dikasih minum.

- terakhir, alat apa saja dong yang wajib kita punya? antara lain : blender (saya belum beli juga sih, jadi belum bisa kasih referensi merk. nanti2 aja belinya pas Anye 5 bulan). tapi pengennya yang gak terlalu besar, supaya praktis dibawa2 kalo nginep2. terus talenan dan pisau (kalau bisa baru). panci kecil untuk mengukus, saringan kawat (banyak di pasar). piring dan sendok yang menarik buat si anak. Kalo bisa sendoknya dipastikan tidak keras yah. Saya sih kemaren beli Boon Squirt (hehe, laper mata! abis keliatannya praktis dan lucu sih dan pasti bagian ujung sendoknya lembut)



Hal yang tidak kalah pentingnya untuk disiapkan adalah asi perahan. Kemudian kursi makan, supaya anak terbiasa makan tanpa digendong atau sambil jalan (it's a BIG NO). Lalu wadah kedap udara dan terakhir adalah bib atau slabber. Semoga gak ada peralatan yang saya lupakan yah. Semua peralatan itu untuk mpasi awal2 yah..kalo sudah mulai variatif, mungkin alat yang diperlukan akan bertambah.

No comments:

Post a Comment