06 April 2012

menjelang Anye MPASI

Anye sudah hampir 4 bulan. Jadi kurang lebih dalam 2 bulan lagi, Anye harus mulai makan. Yak, inshaallah Anye harus lulus ASIx dan dilanjutkan dengan MPASI. Apa itu MPASI? makanan pendamping air susu ibu. artinya, selain Anye makan, Anye tetap masih lanjut nenen. semoga air susu saya tetap banyak ya Allah sampe Anye nanti 2 tahun. Aamiin.

Balik ke MPASI. Apa sejujurnya yang saya rasain menjelang MPASI ? TAKUT sodara2!

Kenapa takut? Karena pengalaman punya 2 anak sebelumnya, ngalamin banget yang namanya SUSAH MAKAN! ditambah, saya gak telaten orangnya dalam hal ngasih makan. sigh. asli, saya macam orang nyerah sebelum perang nih kalo udah soal ngasih makan anak. suka pesimis gak jelas. huhuhu..apalagi, saya baru tahu, bahwa ternyata biskuit instan semacam Farley's itu tidak baik untuk dikasih ke bayi. JENG JENG! dulu Keko Agla dikasih itu loh.. tapi alhamdulillah mereka tetap sehat dan cerdas2. hehehe.. Yah, tapi kan kalo bisa gak kasih makanan instan, pasti akan jauh lebih bagus. Saya bertekad, gak mau ngasih Anye makanan instan macam Milna, SUN, dan lain2. (kecuali kepepet deh! #eh)

Karena rasa takut yang sangat besar itulah, saya jadi mempelajari soal mpasi mulai dari sekarang. biarin orang bilang saya lebay. lah, kalo mau lahiran aja persiapannya dari beberapa bulan sebelumnya, ini yang seringkali bikin ibu2 stress juga harus dipikirin sejak lama dong. Tanya sana-sini. Ikut milis mpasirumahan. Liat-liat onlineshop untuk mengenal peralatan mpasi. Menyaring apa yang perlu dibeli dan tidak perlu. Apa menu mpasi perdana buat si Anye. Teksturnya seperti apa. Dikasih makan jam brapa aja. Dan banyak lagi pertanyaan2 di dalam kepala saya.

Dan intinya, selalu sama. Semakin banyak bertanya ke banyak orang, semakin BINGUNG! dan jelas, gak semua orang mau menjawab pertanyaan2 bodoh saya. Kalau yang merasa pernah saya tanya, mungkin mereka akan terheran2, ini anak ketiga, tapi kok gayanya kayak belom pernah punya anak?! Pertanyaannya sungguh amat konyol. Ya, tapi mau gimana, mending saya menimba ilmu dari sekarang kan, daripada saya coba2 yang saya gak tahu pasti untuk anak saya. Masalahnya, sejak ada twitter, memang pengetahuan soal mpasi itu berkembang sangat pesat. Dan lagi, ada beberapa aliran dalam ngasih makan perdana anak.

Kenapa gak nanya ke dokter anak? hehe..belum ajah. karena Anye belum ke dokter lagi untuk imunisasi.

Ya baiklah. Doakan saya bisa memahami dengan baik mengenai mpasi yah.. Dan kalo sudah, saya akan coba share sebisa saya, siapa tahu bisa membantu ibu2 lainnya yang merasa seperti saya, panik, takut, gelisah bahkan galau menghadapi masa MPASI.

 

 

No comments:

Post a Comment