11 November 2011

36 weeks : bayi sudah siap lahir minggu depan..

Hari Kamis kemarin saya kembali cek 2 mingguan kehamilan. Kali ini dokternya datang tepat waktu sesuai jadwal praktik. Hebat! *tumben banget soalnya*. Dan lebih menyenangkannya lagi, saya dapat antrian nomor 1. Jadi gak lama deh nunggunya.

Hasil pemeriksaan USG juga melegakan. Usia kandungan 36 minggu. Kepala bayi tetap di bawah. Berat badan 2,4kg. Jantung, punggung, dan semua terlihat normal dan sehat2. Alhamdulillah. Yang paling mengagetkan adalah ketika dokter Diah bilang "kalau minggu depan mules, sudah aman ya bu untuk melahirkan. Jadi siap2 ajah.."

Menurut dokter Diah, usia yang aman untuk melahirkan adalah di minggu ke 37 hingga 41. Tapi biasanya, dokter Diah tidak pernah menunggu hingga minggu ke 41. Saat usia kandungan 40 minggu lebih 5 hari, jika tidak mules2, maka akan diinduksi. Tapi berhubung riwayat melahirkan saya yang terakhir maju 2 minggu (alias di minggu ke 38), jadi saya sendiri harus mempersiapkan diri jika memang si bayi memang minta keluar minggu depan. Saya sendiri berharap bayi akan lahir di minggu ke 38 saja. Supaya berat ketika lahir tidak terlalu kecil, trus masih bisa hepi2 sblm si bayi lahir dan kali aja bisa lahiran di tanggal 20 November! Hahaha... *maafkan mamamu yang keinginannya banyak ya bayi*. Semoga kamu mendengar kemauan mama ya.. smile

PR saya dari dokter saat ini adalah masih terus menaikkan Hemoglobin. Apalagi beberapa hari ini, tiap pagi saya hampir selalu mual dan kliyengan. Entah kenapa penyebabnya. Senam hamil pun si dokter bilang "masih perlu apa bu senam hamil? Udah mau yang ke 3 juga.." Hehehe..jadi malu sendiri...

Dan saya sudah mulai cek tiap minggu ke dokter Diah. Apakah minggu depan saya masih cek atau sudah ketemu di ruang bersalin dengan dokter? Gak tau, yang penting Bismillah, saya harus sehat dan fit ketika persalinan, kapanpun itu. Doakan saya yah.. wink

2 comments:

  1. Bisa barengan donk ama Mama A kalo gitu....beda 1-2 hari gak masalah lah

    ReplyDelete
  2. bisa jadi barengan..seru kali yah kalo tanggalnya samaan..berharap tgl 20 nov! hehehe...

    ReplyDelete