01 January 2012

Agneta : the birth

sekarang baru sempat cerita nih soal proses kelahirannya Anye. Selain karena sibuk ngurus bayi, trus kalo bayi lagi tidur, saya beberapa hari ini ikut perawatan pasca melahirkan. jadi udah gak sempet aja deh..apalagi kalo mau cerita yang aga panjang.. *alasan

jadi ini cerita kelahirannya Agneta alias baby Anye

Selasa, 6 des 2011

jam 17.00

bangun dari tidur siang, saya ke kamar mandi, ternyata pas dilihat, udah keluar flek. walaupun masih sedikit banget. tapi gimanapun, flek itu gak bisa disepelein, dan terus terang saya lega..akirnya ini bayi akan lahir juga dalam waktu maksimal 2 hari.. abis itu langsung telpon suami, telpon mak tercinta, telpon mertua, telpon kakak2..semua ditelpon! hahaha..

jam 20.00

mama saya mama siaga banget! tiba2 udah muncul aja gitu di rumah..jadi pas ngasi kabar, langsung ngibrit doi ke Jatibening. tapi ternyata kontraksi saya masih dikit banget.

jam 23.00

suami saya suruh mandi, trus tidur. kali aja nanti harus berangkat tengah malam, trus proses persalinan sampe aga lama, masa ga mandi2. saya masih belum ngantuk, jadi sambil nonton dan main game aja..

jam 02.00 ( 7 des)

kontraksi udah mulai 10 menit sekali.. akirnya jam 02.30 tanya ke mama gimana, kata mama berangkat aja ke rumah sakit. akirnya brangkat

jam 03.30

sampe ke ruang bersalin, JENG JENG! liat bidan, liat ada yang abis lahiran, pasang muka sok tegar (padahal ciut abis2an). abis pipis, langsung disuruh tiduran untuk PERIKSA DALAM! ini salah satu hal yang bikin trauma hamil. dan..sodara2, saya masih bukaan 1 sajah!! trus bidan di ruang bersalin kasih pilihan, mau pulang dulu aja atau mau tunggu di RS. Akirnya saya putuskan untuk pulang saja dulu, karena takut stress, kelamaan di RS.

Seharian tanggal 7 Desember itu, kontraksi saya masih naik turun. Kadang kontraksi rutin, kadang tidak kontraksi sama sekali. Namun, bercak darah terus keluar. Jadi saya yakin ini memang bukan sekadar kontraksi palsu. Tapi agak stress juga kok lama banget prosesnya.

jam 23.00

saya putuskan untuk tidur, karena kontraksi tetap belum rutin konstan.

jam 01.30 (8 Des)

saya terbangun karena ingin pipis. Di kamar mandi, bercak darah makin banyak. Kemudian saya kontraksi rutin tiap 5 menit sekali, selama 1 jam. Yak! Akhirnya ini dia yang ditunggu-tunggu.

jam 02.45

berangkat ke RS. kali ini saya minta doa ke mama supaya pulang ke rumah sudah bisa bawa bayi, bukan bawa perut gendut lagi. hehehe...

jam 03.15

nyampe di RS. ke UGD. kemudian ditensi, dikontrol sama dokter jaga, baru diserahkan ke bidan di ruang bersalin. Lagi-lagi cek dalam. YAK! MASIH BUKAAN 2 cynnnnn!! *lemessss* lama banget ya Allah...sangkain udah bukaan 4 gituh..*hiks.  Tapi karena hari itu jam 10 nya dr. Diah praktik, jadi saya tetap disuruh tunggu saja. akhirnya babeh mulai ngurus kamar untuk rawat inap.

Dan, kepala bidan tiba-tiba ngasih kabar MENGEZUTKAN!! *eaaa..Jadi, dia dapat info bahwa dr. Diah hari itu gak praktik, karena LAGI CUTI!! Bagossssss...*mau ngomel, marah, protes*. Ya ampunnn.. sengaja pindah ke RS Islam karena ada dokter cewe yang oke, tapi pas hari H nya malah doi cuti makkkk!! Awalnya kekeuh surekeuh gak mau terima kalo dr. Diah cuti, gimana bisaaaa??? Dan dia sudah menyerahkan saya untuk ditangani sama dr. Kalsah (dan ini dokter cowok) *huaaa *nangis meraung2*  Tapi, kalo gak ke dr. Kalsah, ya pilihan lainnya adalah dokter cewek tapi killer yang amit2 saya gak mau ngeliat mukanya lagiii..(kapokkk). saya gak mau nyebut namanya deh. Gak etis ya. Pokoknya dokter ini gak rekomen sama sekali...

Akhirnya saya dan suami diskusi, dan yah, mau gimana lagi.. akhirnya kami jadi memilih dokter Kalsah. yang penting ridho dari suami deh.. dia udah setuju, ya udah.. Bismillah..

jam 07.00

Periksa Dalam lagi yukkkkk... dan, masih bukaan 3! *masih panjang rasanya perjalanan* Bidan kemudian bilang, jam 10 dokternya akan datang dan dilihat perkembangannya. Oh, saya rasanya ingin cepat2 saja..induksi aja gimanaaaa..

jam 09.00

rasa sakit di pinggang makin menjadi-jadi. PANASSSSS!! tapi masih bisa diatasi dengan tarik napas dalam-dalam. tapi lebih enak lagi kalo babeh bantu elus-elus pinggang.. makin cepet hilang..

jam 10.30

disuruh pindah ke ruang bersalin VIP (sesuai dengan kelas yang dipilih). wow, enak tempatnya..private gituuu..jadi saya gak akan denger rintihan orang lain yang lagi kesakitan juga.. kembali saya diperiksa dalam sama bidan. MASIH BUKAAN 4! Ya Allah, rasanya tenaga sudah makin habis. disuruh makan, udah gak nafsu lagi. Sakit di pinggang udah semakin sering dan kali ini babeh gak boleh kemana2, rasa sakit udah tidak mempan jika hanya menarik napas dalam. Harus dielus-elus dengan 2 tangan babeh. Dan tidak bisa hanya 1 tangan!! Dikasih makanan dari RS untuk tenaga, saya awalnya sudah tidak mau makan, tapi babeh memaksa. Akhirnya saya disuapi dan hanya bisa makan 4 suap. itu pun, saya sempat tertidur saat makan, karena capek banget akibat menahan sakit.

jam 13.00

sakitnya udah makin dahsyattttt.. bawaannya udah marah-marah aja ke Babeh kalo ngelus-ngelus pinggang gak sesuai dengan keinginan. dan tiba2 saya ngerasain kayak udah mau ngeden. yak, saya suruh babeh panggil bidan. dan bidan masih santai aja gituh.. (ya gak mungkin  juga sih mereka panik, hehe). dan diperiksa dalam lagi, ALHAMDULILLAH, udah bukaan DELAPAN! tapiiii.. rasa pengen ngeden itu semakin kuat, tapi saya gak boleh ngeden duluuu.. kalo rasa mau ngeden itu muncul, saya harus tarik dan hembuskan napas pendek-pendek melalui mulut, dan itu susahhhhh sekaliiii.. saya selalu merintih : "kapan boleh ngedennyaaaaa?? sakittttt.." Doa dari surat An-Nahl ayat 78 yang dikasih ibu mertua yang saya baca-baca dari awal pembukaan, sudah tidak sanggup lagi (walaupun dalam hati). Hanya doa pendek lain dari ibu mertua yang saya bisa : Allahumma yassir wa la tuassir (Ya Allah mudahkanlah, jangan disukarkan).  Beberapa kali rasa ingin ngeden itu muncul, namun saya harus menahan karena pembukaan belum sempurna.

jam 13.30

bidan sudah mulai mempersiapkan alat-alat. tidak lama dokter Kalsah datang. THIS IS IT! saya sudah boleh ngeden! Bidan ada di samping kanan, babeh ada di samping kiri sambil pegang kaki saya. Tapi ternyata tidak semudah yang dibayangkan..hiksss..perlu beberapa kali ngeden sampai akhirnya bayi sayakeluar! Ketika kepala sudah dipegang, dokter menginstruksikan untuk tidak mengedan lagi, tapi hanya perlu batuk. DAN.. Alhamdulillahhhh... jam 13.57 bayi cantik itu telah lahir dengan selamat, sehat tanpa kurang suatu apapun... Terima kasih ya ALLAH... Agneta Qaulan Kareema kini sudah semakin sehat di usianya yang sudah 3 minggu lebih wink



 

 

 

 

No comments:

Post a Comment