24 January 2012

nasib si asi perahan

Sejak IMD waktu habis melahirkan Anye, alhamdulillah saya melihat banyak positifnya. Yang paling nyata adalah Anye dari usia 4 jam sudah bisa nyusu dengan baik. Walaupun salah satu payudara saya ada yang putingnya datar, tapi dengan mengikuti linimasa @aimi_asi, tanya sana sini (terutama Inna dan Tanti, thanks to you mommies, berasa punya konselor pribadi deh, hihi) dan terus melatih Anye di payudara yang puting datar itu, akhirnya Anye bisa menyusui dengan lancar di dua payudara. Selain si bayi pintar menyusu, manfaat IMD lainnya adalah otomatis produksi ASI saya juga terus bertambah, sehingga berat badan Anye pun bisa naik dengan baik.

Dengan semakin bertambahnya usia Anye, saya juga harus mulai memompa ASI selain untuk merangsang produksi ASI, juga untuk persiapan jika Anye suatu saat akan saya tinggal pergi dalam waktu aga lama (seharian). Alhamdulillah dari awal saya sudah mempersiapkan alat-alat untuk mempersiapkan ASI Perahan (asip) ini. Mulai dari alat pompa payudara (saya pakai Medela Mini Electric), botol asip dari Medela dan baby pax, cup feeder, serta botol susu merk MAM.

Di bulan Desember, saya jarang sekali memompa, karena permintaan Anye untuk menyusu sangat tinggi. Jadi saya pikir, lebih baik ASI saya kasih langsung untuk Anye nyusu. Setelah Anye berumur 1 bulan, saya baru mulai rutin mompa. Alhamdulillah, ASI yang didapat untuk sekali pompa, sekitar 130-150ml untuk 2 payudara. Saya memompa sekitar 2 hari sekali, jadi memang stok asip saya tidak begitu banyak. Pernah sekali saya coba kasi asip ke Anye dengan botol dot, tapi dia tidak mau. Di lain waktu, saya juga kasi asip dengan cup feeder, Anye tidak mau juga! Jadi saya malas kasih lagi..hehe.. Lalu, gimana dong nasib asip saya?



Sampai dengan hari ini jumlah asip saya ada 5 botol @ 150ml dan 5 kantong asi @ 150ml. Tidak terlalu banyak, tapi juga sayang kalo sampai dibuang. Rencananya saya mau donorkan ke Altina (anaknya Uda) karena Uda pernah bilang kalau Altina suka kekurangan stok asi dan dia biasa mendapatkan asip dari saudara sepupunya. Sesuai syariat islam, saudara sepersusuan tidak boleh menikah. Ya, Altina kan tidak mungkin menikah dengan Anye. hehehe... Saya juga mau semakin rajin untuk mompa, supaya memperbanyak produksi ASI. Soal nanti asip nya mau diapain, liat nanti aja deh.. Yang penting, saya selalu bisa memenuhi kebutuhan asi dari si baby Anye yang doyan nyusuuu... Semangat untuk lulus ASIX!



 

 

No comments:

Post a Comment