26 October 2011

les ini - les itu

Dari sejak 3 tahun lalu anak2 emang udah mulai les ini-itu. Mungkin ada yang nganggap terlalu dini, ada juga yang nggak. Tapi buat saya, selama duitnya masih ada, dan anaknya suka, hayuklahhh, pasti ada manfaatnya.

Dulu awal2 kalo Keko-Agla les nya : ngaji, musik (awal hanya Keko saja, trus begitu Agla cukup umur, dia juga mulai les) dan melukis/mewarnai. Ngaji ini dimulai dari umur 3,5 tahunan. Seminggu 2x. Standarlah, baca Iqro. Saya panggil guru ke rumah. Kebetulan guru sekolah anak2 juga, jadi si guru juga tahu gimana ngadepin anak2. Ya Alhamdulillah, walopun Keko sempat mogok lama di Iqro 3 (tapi Agla gak), akhirnya Keko pas sebelum lulus TK B dan Agla sebelum lulus TK A, mereka udah bisa nyelesaiin Iqro (lanjut ke Juz Amma' dan Al-Qur'an). 

Les musik juga begitu, saya masukkin anak2 di Yamaha Nuansa Musik di Kalimalang. Jadwalnya seminggu 1x, setiap pertemuan sekitar 1 jam. Semua masuk dari awal, yaitu kelas Wonderland dan lanjut ke Junior Music Course (1-4). Keko selesaikan itu semua berbarengan dengan lulus TK (tapi Agla hanya bertahan sampe JMC 2 saja, dia tidak enjoy). dan ada hasilnya kah ke Keko?? ada bangettttt... Sekarang Keko udah di tingkat Junior Extension Course (JXC) 1. Tapi dia masih fokus di piano electone, maklum, babeh bundanya belom ada rejeki buat beliin alat musik yang harganya ratusan puluhan juta itu. Dannn.. soal les musik ini, saya sampe berkesempatan untuk bisa cerita di mommies daily hihii..lumayan senanggg.. ini link nya : belajar musik di Yamaha.

Yang terakhir, les mewarnai/melukis mulai tahun 2009. Les privat berdua di rumah. Seminggu 1x. Gurunya ini saya dapat dari referensi ibu2 yang mereka bilang guru ini jago banget deh..namanya kak Brata. dan ternyata emang bener...hehee..sampe2 anak2 juga diikutin lomba mewarnai dimana2 sama si kak Brata ini. 






kiri : karya Agla ; kanan : karya Keko

Dan dari lomba2 itu beberapa kali anak2 ada yang juara juga. Ada yg juara harapan, sampai juara 1. Alhamdulillah banget...buat pengalaman mereka juga. Semoga ada manfaat dari les lukis ini. Tapi, sejak abang masuk SD, terpaksa saya berhentiin les nya. karena waktunya sudah gak ada lagi. Kasian juga kalo terlalu banyak les. dan saya rasa bekal ilmu mewarnai selama 2 tahun cukuplah untuk mereka. kan ga akan mau dibawa sampe tua juga yah kalo mewarnai. beda lagi kalo memang teknik menggambar. 

Selain itu, ada juga les yang sempat hanya diikuti beberapa kali sama anak2. Kalo Keko les Taekwondo (hanya 1x datang) dan Agla les balet (hanya 3x datang). Pas jaman masih TK, sepertinya anak2 kurang berminat sama les yang sifatnya lebih ke fisik. Mungkin setiap habis les itu, badan jadi capek banget. Beda sama les ngaji, musik dan mewarnai yang gak perlu capek2 keringetan. hehee...



Tapi, sekarang ini, mereka jadi suka sekali sama les2 yang bersifat fisik. Jadi les anak2 sekarang :
* Keko : ngaji, musik, renang dan taekwondo. Untuk les renang dan taekwondo. Keko ikut di sekolah, masing2 seminggu 1x.  
* Aglaya : ngaji, taekwondo, renang. Untuk les renang, Agla ikut klub di Permata Timur (seminggu 1x). dan untuk les taekwondo, Agla ikut di klub deket rumah (seminggu 2x). 


Semoga les yang mereka ikutin semua saat ini, ada manfaatnya suatu saat nanti.. Kira2 ada les apalagi ya yang penting tapi belum mereka ikuti? Ohhh..kalo untuk les Kumon atau mengenai pelajaran lainnya, saya belum berminat, mungkin nanti ketika Keko sudah kelas 2 atau ketika sudah dibutuhkan, kapanpun itu. Dan saat ini rasanya belum perlu. 

1 comment:

  1. Thank you for sharing. Not to many people in your position are so gracious. Your article was very poignant and understandable. It helped me to understand very clearly. Thank you for your help.
    My blog is Business Travel.

    ReplyDelete