26 October 2011

mencicil Logam Mulia

Saya sudah pernah posting soal investasi emas batangan. Dan mulai tahun lalu perkembangan investasi logam mulia (LM) ini makin pesat, karena harganya yang terus melonjak. Yah, yang sudah invest LM dari dulu sih berarti sudah mulai merasakan keuntungannya yah. Mau beli lagi juga silakan, karena harga emas katanya sih ga bakal turun drastis banget. Tapi, gimana ya buat mereka yang baru mau mulai invest LM, tapi duitnya pas2an? atau, gak perlu lah pemula, yang pemain lama pun, kalo emang ternyata keperluan makin besar dan tetap mau invest (bayangin, 1 gram sekarang kurang lebih 520ribu), gimana caranya?

Kebetulan, saya sudah nemuin caranya, yaitu dengan mencicil. Entah ini jalan yang 'dihalalkan' atau gak dalam investasi, tapi, ya apa salahnya dicoba. Jadi, saya ikut program cicil LM di Bank Syariah Mandiri (BSM). Saya ikut ini sudah dari bulan September. Saya sarankan minimal ambil LM yang 10 gram. Karena kalo nyicil cuma 1, 2 atau 5 gram selama 4 bulan, rasanya percuma aja. hehe..

Perhitungannya begini ya kalo yang punya saya : 
Berat emas : 10 gram
Harga emas per gram : 546.000
Harga pasaran di toko : 5.460.000
Taksiran harga emas dari BSM :  4.839.560
Pembiayaan gadai emas (90% dari taksiran) : 4.355.604
Admin & asuransi : 26.452
Biaya titip per 4 bulan : 262.000

Jadi, modal nasabah untuk pertama kali adalah : 5.460.000 - (4.355.604 + 26.452) totalnya jadi 1.130.848.
Jumlah itulah yang pertama kita setorkan ke BSM. Untuk setor berikutnya tidak ditentukan brapa jumlahnya. Yang penting, saat bulan ke 4 (kalo saya bulan Januari), sudah harus terkumpul di rekening BSM kita untuk didebet oleh pihak bank, senilai 4.355.604 + 262.000 = 4.617.604. 
Kalo mau nyisihin tiap bulan langsung ke rekening kita, brarti senilai 1.154.401.
Jadi total nilai LM yang saya bayar senilai 10 gram adalah 1.130.848 + 4.617.604 = 5.748.452 

Lebih mahal? Pasti. Tapi pertimbangan saya dan suami milih cicil LM ini adalah :
1. kalo gak nyicil begini, mungkin saya gak akan beli2 LM lagi..secara sekali beli nilainya jutaan blehh..sedangkan alokasi nabung di tempat lain juga lumayan banyak.
2. berharapnya sih saat bulan januari itu, nilai LM saya sudah jauh lebih tinggi dari nilai yang saya beli. kalopun gak, ya sudah, suatu saat pasti juga bisa digunain. 
3. ya coba-coba lah..kalo gak dicoba kan penasaran juga. hehehehe...

Eh, saya kasih rincian ini bukan untuk pamer atau apa yah..karena bingung juga kalo ngasih ilustrasi gak sesuai dengan yang saya jalanin. Kalo dinilai pamer sih, ya gapapalah... sabodo teing!

so, siapa mau mengikuti jejak saya?  :D



No comments:

Post a Comment